ketidak tahuan adalah teman barumu yang terbaik

category

Sabtu, 24 Desember 2011

PENGGUNAAN MEDIA PENDIDIKAN DAN PROSES PEMBELAJARAN

A. Pengertian Media Belajar dan Pembelajaran. 

Media adalah bentuk jamak dari kata medium yang berasal dari bahasa latin yang berarti pengantar atau perantara. Dalam konteks belajar dan pembelajaran, media dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang dapat menyalurkan pesan atau materi ajaran dari guru sebagai komunikator kepada siswa sebagai komunikan.

Ada juga yang mengartikan media sebagai alat Bantu mengajar atau “teching aid”. Oleh sabab itu, sekalipun telah tersedia media pembelajaran, masih diperlukan gur, teknik, metodde, dan sarana serta prasarana lain termasuk dukungan lingkungan untuk menciptakan komunikasi untuk penyampaian pesan pembelajaran dengan berhasil sebagaimana direncanakan oleh guru. (140:2007)

 B. Perkembangan Media Belajar dan Pembelajaran 

 Bermacam peralatan digunakan guru untuk menyampaikan pesan ajaran kepada siswa melalui penglihatan dan pendengaran untuk menghindari varbalisme yang masih mungkin terjadi kalau hanya digunakan alat Bantu visual semata. (7:2002) 

C. Manfaat Penggunaan Media dalam Belajar dan Pembelajaran. 

Dalam Pedoman Penatar Pekerti_AA yang diterbitkan oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi – Departemen Pendidikan Nasional disebutkan ada delapan manfaat media dan penyelenggaraan belajar dan pembelajaran yaitu : 

1. Penyampaian materi pembelajaran dapat diseragamkan. 
2. Proses Instruksional lebih menarik. 
3. Proses belajar lebih iteraktif. 
4. Jumlah waktu belajar-mengajar dapat dikurangi. 
5. Kualitas Belajar dapat ditingkatkan. 
6. Proses belajar bisa terjadi kapan dan dimana saja. 
7. Meningkatkan sikap positif siswa terhadap proses dan bahan belajar. 
8. peran pengajar dapat berubah kearah positif dan produktif. 

Disamping itu : 

1. Media secara tidak langsung dapat dijadikan sebagai sekenario yang mengnganggarkan jalannya proses belajar dan pembelajaran sebagai mana yang telah direncaakan. 
2. Bahan ajar dapat disiapkan sebelumnya sehingga dapat lebih disesuaikan dengan tujuan pembelajaran. 

D. Jenis-Jenis Media dalam Belajar dan Pembelajaran. 

Secara garis besar media belajar dan pembelajaran dapat dibedakan kedalam empat kelompok : 
a. Visual 
b. Audio Visual 
c. Audio 
d. Multimedia. 

1. Media Visual. 

Media menampilkan materi pembelajaran dalam bentuk sesuatu yang dapat dilihat oleh mata manusia. Berdasarkan teknologinya, alat media visual dibedakan atas :
• Media Visual non-elektrik atau nonelektronik 
• Media Visual elektri atau elektronik. 

a. Media Visual non-elektrik atau nonelektronik 

Yaitu media visual yang bekerjanya atau penggunaannya tidak memerlukan tenaga listrik. Contoh dari media visual non-elektrik atau nonelektronik adalah sebagaia berikut : 

1. Papan tulis 
2. White Board. 
3. Flanel Board. 4. Flip Chart. 
5. Poster. 
6. Model atau Solid Aid 

b. Media Visual Elektrik atau Elektronik. 

Yaitu media visual yang bekerjanya atau penggunaannya memerlukan tenaga listrik. Contoh dari media visual elektrik atau elektronik adalah sebagai berikut : 

1. Slide Projector. 
 2. Opaque Projector 
3. Overhead projector tau OHP. 

2. Media Audio. 

Media ini menampilkan meteri pembelajaran dalam bentuk sesuatu yang dapat di dengar oleh telinga manusia. Berdasarkan teknologinya alat media audio dibedakan atas : 
• Media Audio non-elektrik atau non-elektronik. 
• Media Audio elktrik atau elektronik. 

a. Media Audio non-elektrik atau non-elektronik. 

Yaitu media audio yang bekerjanya atau penggunaannya tidak memerlukan tenaga listrik. Contoh dari media audio non-elektrik atau non-elektronik adalah peralatan musik akustik seperti gitar blong, gamelan, dan lain sebagainya yang digunakan dalam pembelajaran seni suara atau seni musik. 

b. Media Audio elektrik atau elektronik. 

Yaitu media visual yang bekerjanya atau penggunaannya memerlukan tenaga listrik. Contoh dari media audio visual elektrik atau elektronik adala sebagai berikut : 
1. Amplifier. 
2. Radio. 
3. Tape Recorder. 
 4. Cd Player 

3.Media Audio Visual. 

Media ini menampilkan materi pembelajaran dalam bentuk sesuatu yang dapat didengar oleh telingan dan dapat dilihat oleh mata manusia. Pada beberapa jenis peralatan media audio visual gambar yang ditampilkan juga dapat bergerak. Contoh dari media audio visual adalah : DVD Player, Computer. DLL. 

4. Multimedia. 

Media ini menampilkan pembelajaran dengan teknik yang memadukan semua keunggulan peralatan media audio dan visual dengan berbagai teknik penyajian yang memanfaatkan teknologi computer dan LCD Projector sebagai peralatan utamanya. Dengan penggunaan multimedia, guru dapat langsung menggerakkan hasil hasil diskusi dengan menampilkannya dalam waktu bersamaan dilayar.(142:2007) 

E. Kriteria edia Belajara dan Pembelajaran yang Baik. 

Sebagai mana telah dijelaskan didepan bahwa semua media memiliki keunggulan dan kelemahannya. Oleh sebab itu guru perlu memahami criteria media belajar dan pembelajaran yang baik yang dapat digunakan sebagai pegangan dalam memilih media yang akan digunakan. Kretia tersebut yaitu : 

1. Media menyajikan informasi yang sesuai dengan tujuan dan materi pembelajaran yang akan diselenggarakan. 
2. Sesuai dengan karakteristik kelas termasuk jumlah siswa. 
3. Sesuai dengan kegiatan belajar dan pembelajaran yang dirancang. 
4. Sesuai dengan tempat penyelenggaraan belajar dan pembelajaran apakah di dalam ruangan yang kecil, ruang yang luas, atau di luar ruangan. 
5. Memuat informasi yang dapat mencium terjadi proses pembelajaran yang interaktif dan tidak sebaliknya justru menyajikan keseluruhan materi yang akan diajarkan. 
6. Tampilan sederhana dan singkat tetapi memperjelas pemahaman bukan sebaliknya justru membuat siswa semakin bingung. 
7. Sebaiknya dapat di oprasikan sendiri oleh guru atau terdapat tenaga operator yang dapat mengoprasikannya. 
8. Didukung oleh ketersediaan sarana dan prasarana seperti tenaga listrik untuk pengoprasiannya. 
9. Biayanya yang diperlukan untuk pengadaan dan pengoprasian serta perawatan masih dalam skema anggaran sekolah. 

F. Proses Belajar Mengajar Sebagai Proses Komunikasi. 

Proses belajar mengajar pada hakikatnya adalah proses komunikasi, yaitu proses penyampaian pesan dari sumber pesan melalui saluran/media tertentu ke penerima pesan. Pesan, sumber pesan, saluran/media dan penerima pesan adalah komponen- komponen proses komunikasi. Pesan yang akan dikomunikasikan adalah isi ajaran ataupun didikan yang ada dalam kurikulum, sumber pesan bisa guru, siswa, orang lain ataupun penulis buku dan produser media, saluran media pendidikan dan penerima pesannya adalah siswa atau juga guru. (11:2002) 

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger | Printable Coupons