Pengertian Pengembangan Media Pendidikan
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengembangan adalah proses, cara, perbuatan mengembangkan (1989: 414). Dan lebih dijelaskan lagi dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia karya WJS Poerwadarminta, bahwa pengembangan adalah perbuatan menjadikan bertambah, berubah sempurna (pikiran, pengetahuan dan sebagainya) (2002: 473). Kegiatan pengembangan meliputi tahapan: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang diikuti dengan kegiatan penyempurnaan sehingga diperoleh bentuk yang dianggap memadahi.
Untuk melakukan kegiatan pengembangan media pembelajaran diperlukan prosedur pengembangan. Prosedur pengembangan adalah langkah-langkah prosedural yang harus ditempuh oleh pengembang agar sampai ke produk yang dispesifikasikan. Prosedur pengembangan media meliputi beberapa tahap, yaitu perencanaan atau penyusunan rancangan media, produksi media, dan evaluasi media.
2) Merumuskan tujuan intruksional (Instructional objective) dengan operasional dan khas
3) Merumuskan butir-butir materi secara terperinci yang mendukung tercapainya tujuan
4) Mengembangkan alat pengukur keberhasilan
5) Menulis naskah media
6) Mengadakan tes dan revisi
1. Menganalisis kebutuhan dan karakteristik siswa
contoh
melakukan identifikasi kebutuhan dan karakteristik siswa:
Siswa MI
diharapkan sudah berprilaku hidup sehat dengan rajin menggosok gigi, membuang
sampah pada tempatnya, mandi 2 kali sehari, selalu berpakaian rapih dan tidak
jajan sembarangan. namun dalam kenyataannya tidak sesuai dengan harapan.
dengan demikian terjadi kebutuhan bagaimana meningkatkan sikap siswa untuk
hidup bersih.
Adanya
kebutuhan tersebut seyogyanya menjadi dasar pijakan dalam membuat media
pembelajaran, sebab dengan dorongan kebutuhan inilah media dapat berfungsi
dengan baik. dan media yang digunakan siswa, haruslah relevan dengan
kemampuan yang dimiliki siswa.
|
2. Merumuskan tujuan instruksional (Instuctional objective) dengan operasional dan khas.
b. Tujuan harus dinyatakan dengan kata kerja yang operasional, artinya kata kerja itu menunjukkan suatu prilaku/perbuatan yang dapat diamati atau diukur.
Kata Kerja Operasional
|
Kata Kerja tidak Operasional
|
Mengidentifikasikan
Menyebutkan
Menunjukkan
Memilih
Menjelaskan
Menguraikan
Merumuskan
Menyimpulkan
Mendemostrasikan
Membuat
Menghitung
Menunjukkan
Menemukan
Membedaka, dll
|
Mengerti
Memahami
Menghargai
Menyukai
Mempercayai
Dan lain-lain
|
A =
|
Audience adalah menyebutkan sasaran/audien
yang dijadikan sasaran pembelajaran
|
B =
|
Behavior adalah menyatakan prilaku
spesifik yang diharapkan atau yang dapat dilakukan setelah pembelajaran
berlangsung
|
C =
|
Condition
adalah
menyebutkan kondisi yang bagaimana atau dimana sasaran dapat
mendemonstrasikan kemampuannya atau keterampilannya
|
D =
|
Degree adalah menyebutkan batasan
tingkatan minimal yang diharapkan dapat dicapai.
|
Contoh Rumusan Tujuan Pembelajaran:
Setelah mengikuti praktek sholat, siswa
kelas 6 MI dapat mempraktekkannya
©
(A)
(B)
(sholat) dengan benar
(D)
Siswa kelas VI SD dapat
menyebutkan pulau-pulau besar yang ada di
(A) (B)
Indonesia dengan benar
(D)
3. Merumuskan butir-butir materi secara terperinci yang mendukung tercapainya Tujuan |
Contoh
Rumusan Butir-butir Materi dari Rumusan Tujuan Pembelajaran di atas:
a. Praktek Sholat b. Nama Pulau-pulau Besar yang ada di Indonesia 4. Mengembangkan alat pengukur keberhasilan |
Rumusan Tujuan
|
Rumusan Materi
|
Alat Pengukur (Tes)
|
Siswa dapat
menyebutkan minimal 5 pulau besar yang ada di Indonesia dengan benar
|
Nama-nama
pulau Besar yang ada di Indonesia
|
Sebutkan
minimal 5 nama-nama pulau besar yang ada di Indonesia
|
Siswa kelas
VI MI dapat mempraktekkan tata cara sholat dengan benar
|
Tata Cara
Sholat
|
·
Sebutkan bacaan ketika Ruku, I’tidal dan Sujud
·
Tunjukkan gerakan ruku dan I’tidal
|
5. Menulis Naskah Media
No
|
Topik
|
Tujuan Umum
|
Tujuan Khusus
|
Pokok-pokok Materi
|
Keterangan
|
1
|
Pelaksanaan
Sholat
|
Siswa
memahami cara-cara pelaksanaan sholat
|
1. Siswa
dpt mengidentifikasi rukun-rukun sholat
2. Siswa
dpt melafalkan bacaan sholat
3. Siswa
dpt mempraktekan gerakan tubuh dlm sholat
|
1. Rukun
sholat
2. Bacaan
sholat
3. Gerakan
tubuh dalam sholat
|
1. Sumber:
Buku Fiqih sholat
2. Alat:
perlengkapan sholat
|
ANALISIS KEBUTUHAN
|
ANALISIS SISWA
|
ANALISIS SUMBER
|
TOPIK
|
Petunjuk
praktis untuk menulis naskah narasi:
|
SIMBOL
|
PENJELASAN
|
ANNOUNCER
(ANN)
|
Pihak yang
member informasi tentang suatu acara akan disampaikan. dapat juga dikatakan
bahwa Announcer berfungsi untuk membuka sebuah program audio
|
NARRATOR
|
Fungsinya
hampir sama dengan fungsi Announcer, namun kalau narator menginformasikan sajian
materi. jadi narator sudah berada dalam program. apa yang disampaikan oleh
narator sudah menjadi bagian dari isi program audio
|
MUSIK
|
Music perlu
dituliskan dalam naskah, yang menunjukkan bahwa pada adegan tersebut perlu
disisipkan music yang sesuai
|
SOUND EFFECT
(FX)
|
Adalah
suara-suara yang terdapat dalam program audio untuk mendukung terciptanya
suasana atau situasi tertentu. Sound Effect dapat berupa suara alamiah, atau
sengaja dibuat dengan manipulasi tertentu. seperti suara binatang, suara
letusan, dan sebagainya
|
FADE IN DAN
FADE OUT
|
Adalah simbol
yang artinya bahwa pada adegan tersebut music masuk secara perlahan (Fade
IN) dan jika music sedang berjalan maka hilangnya pun secara perlahan (fade
out)
|
OFF MIKE
|
Situasi dimana
suara yang ditimbulkan seolah-olah dari kejauhan. untuk menimbulkan efek ini
sumber suara harus menjauhi mike
|
IN-UP-DOWN-UNDER-OUT
|
Simbol ini
menjelaskan bahwa music masuk secara perlahan (IN), kemudian naik (UP)
setelah music naik secara optimal maka diperlukan untuk kembali turun secara
cepat (DOWN), kemudian music perlahan rendah dan terus bertahan rendah selama
bebefrapa menit (UNDER) sampai akhirnya music perlahan hilang (OUT)
|
LONG SHOT
(LS)
|
Pengambilan
yang memperlihatkan latar secara keseluruhan dalam segala dimensibdan
pernbandingannya
|
MEDIUM SHOT
(MS)
|
Pengambilan
gambar yang memperlihatkan pokok sasarannya secara lebih dekat dengan
mengesampingkan latar belakang maupun detail yang kurang perlu
|
CLOSE-UP (CU)
|
Pengambilan
gambar yang memfokuskan pada subjeknya atau bagian tertentu. lainnya
dikesampingkan supaya perhatian tertuju kea rah itu
|
NO
|
VISUAL
|
AUDIO
|
1
|
GRAFIS
|
INSTRUMENTALIA
|
2
|
CAPTION
|
Narrator:
Haji menurut
bahasa artinya: maksud.
Menurut istilah
artinya: bermaksud berkunjung ke Masjidil Haram (ka’bah) untuk tujuan
tertentu
|
3
|
Life/LS
|
INSTRUMENTALIA
|
4
|
Narrator:
Rukun Haji
adalah kegiatan yang harus dilakukan dalam Ibadah Haji. Jika tidak dikerjakan
maka Hajinya tidak syah. Rukun haji ada 5, yaitu: niat, ihram, wukuf di
Arafah, thawaf, dan Sa’i antara shafa dan marwah.
|
|
5
|
Grafis
|
Narrator:
Ihram ialah
permulaan melakukan manasik haji atau umrah. Ihram ada 3 macam:
1. Ihram Ifrad, yaitu ihram
untuk haji saja. Setelah selesai, kemudian ihram lagi untuk umrah
2. Ihram Tamattu’, yaitu
ihram dari batas daerah tertentu (sesuai dengan daerah masing-masing)
kemudian ihram lagi untuk haji di Makkah
3. Ihram Qiran, yaitu ihram
untuk haji dan umrah bersama-sama
|
6
|
Grafis
|
Narrator:
Wukuf
di Arafah
merupakan
rukun haji yang paling besar. Dalam wukuf tampak persamaan yang merata antara
sesame manusia, semua yang ada menjadi satu dalam persamaan. Waktu wukuf
dimulai sejak tergelincirnya matahari pada hari Arafah (tanggal 9 dzulhijjah)
sampai terbit fajar
|
7
|
Grafis
|
Narrator:
Tawaf Ifadah
Mengelilingi
Ka'bah sebanyak 7 kali, dilakukan setelah melontar jumroh Aqabah
pada tgl 10 Zulhijah
|
8
|
Grafis
|
Narrator:
Sa'i
Berjalan atau
berlari-lari kecil antara bukit Shafa dan Marwah sebanyak 7 kali,
dilakukan setelah Tawaf Ifadah
|
9
|
Wajib haji
ada 3, yaitu:
1.
Ihram dari miqat
2.
Melempar jumrah 3 kali
3.Tahallul
(mencukur rambut kepala)
|
|
10
|
Lontar Jamrah
Melontar
dengan batu kerikil yang mengenai marma (jamrah ula, wusha dan Aqabah) dan
batu kerikil masuk kedalam lubang marma pada hari nahr dan hari
tasyrik.
|
|
11
|
Tahallul:
Bercukur atau
menggunting rambut setelah melaksanakan Sa'i
|
|
12
|
Tertib:
Mengerjakan
kegiatan sesuai dengan urutan dan tidak ada yang tertinggal
|
6. Mengadakan Tes atau Uji Coba dan Revisi
1 komentar:
matur suwun. semoga sukses selalu
Posting Komentar