ketidak tahuan adalah teman barumu yang terbaik

category

Sabtu, 10 November 2012

Launching SWAMI Tahun 1990

SWAMI adalah kelompok musik legendaris yang pernah ada di Indonesia. Iwan Fals menjadi salah satu daya tarik kelompok ini. Lagu Bento dan Bongkar adalah karya SWAMI yang hingga detik ini masih sering kita dengar. 

Perlahan dokumentasi sejarah puluhan tahun yang lalu dipublikasikan kembali oleh sahabat kita disawungjabo.wordpress.com untuk mengingatkan kita bahwa Indonesia pernah mempunyai kelompok musik hebat semacam SWAMI. Gambar-gambar dibawah ini adalah screen-shot EKSKLUSIF launching kelompok SWAMI. Launching album perdana SWAMI ini dilakukan di TOPAZ Music Lounge Jakarta pada tanggal 8 Februari 1990. Cafe Topaz ini berada di daerah Tomang Jakarta, dan pernah dibakar massa pada kerusuhan besar tahun 1998 yang lalu. 

Seluruh materi dibawah ini diperoleh dari sawungjabo.wordpress.com. Telah mendapat ijin resmi dari pengelola situs tersebut untuk ditampilkan pada iwanfalsmania.com :). 

Biarkan gambar yang berbicara..... 
 ---------------------------------------------------------- 
Launching SWAMI di Topaz Cafe 1990 

SWAMI adalah nama sebuah grup band yang berdiri pada 1989 dan beranggotakan Iwan Fals, Sawung Jabo, Naniel, Nanoe, Inisisri, Jockie Suryoprayogo, Toto Tewel, dan disponsori oleh pengusaha Setiawan Djodi. Sebagian besar kelompok ini sebenarnya adalah anggota kelompok musik Sirkus Barock yang didirikan di Yogyakarta pada tahun 70-an dan dimotori oleh Sawung Jabo, mereka adalah Naniel, Nanoe, Inisisri dan Toto Tewel. 

Bertempat di cafe Topaz, Jakarta Barat. Kelompok musik SWAMI memperkenalkan identitasnya sebagai sebuah kelompok musik baru pada tahun 90an awal tepatnya pada tanggal 8 Februari 1990. Album SWAMI sendiri beredar pada tahun 1989 entah kenapa baru awal 90an mereka baru launching album, mungkin karena kesibukan dari masing-masing personilnya yang ikut terlibat dalam beberapa grup musik. Para personil yang tampil di cafe Topaz antara lain, Iwan Fals, Sawung Jabo, Naniel, Nanoe, dan Innisisri. 

Lagu yang pertama kali mereka bawakan adalah lagu “Badut” dengan vocal utama Sawung Jabo, lalu lagu kedua adalah “Potret” dengan Iwan Fals sebagai vocal utamanya , Naniel pun dengan santai meniup serulingnya sementara Nanoe begitu menikmati permainan Bassnya. 

Lalu Yockie Suryoprayogo ikut berpartisipasi dalam membawakan lagu “Bento” inilah pertama kalinya lagu “Bento” dinyanyikan di depan publik. Dengan keahlian Yockie dalam memainkan keyboard lagu “Bento” semakin asyik dalam berbagai improvisasi yang ia lakukan, ditambah lagi Iwan Fals ikut memainkan harmonikanya. 

Dilanjutkan dengan lagu “Perjalanan Waktu”, sang maesenas Setiawan Djody pun ikut berpartisipasi dengan gitar listriknya berwarna merah. Dalam lagu “Perjalanan Waktu” ini Iwan Fals terlihat begitu menjiwai seperti orang yang sedang kesurupan akan dalamnya lagu tersebut. 

Lagu terakhir yang dinyanyikan adalah lagu “Bongkar”, lagu yang dinobatkan sebagai lagu no.1 terbaik sepanjang masa versi majalah Rolling Stone ini juga pertama kali dinyanyikan di hadapan publik. 

Berikut kami persembahkan beberapa foto yang diambil dari dokumen video sawungjabo.wordpress.com. (AS) 

 
 

 

 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 











----------------------------------------------------------

Dan dibawah ini foto Launching SWAMI dari guntingan koran koleksi sahabat kita yang sudah tidak asing lagi namanya di kalangan kolektor :)



---------------------------------------------------------- 



Album : SWAMI 
Produksi : AIRO SWADAYA STUPA RECORDS 
Tahun : 1989

SWAMI adalah nama sebuah grup band yang berdiri pada 1989 dan beranggotakan Iwan Fals, Sawung Jabo, Naniel, Nanoe, Inisisri, dan disponsori oleh pengusaha Setiawan Djodi. Sebagian besar kelompok ini sebenarnya adalah anggota kelompok musik Sirkus Barock yang didirikan di Yogyakarta pada tahun 70-an dan dimotori oleh Sawung Jabo. Mereka adalah Naniel, Nanoe, Inisisri dan Toto Tewel. 

Nama Swami sendiri berasal dari bahasa India namun disini merupakan plesetan dari kata suami karena seluruh personel grup band ini semuanya sudah menjadi suami. Beberapa lagunya yang sangat fenomenal dimasyarakat adalah Bento dan Bongkar. Pada album perdana nama Iwan Fals ditampilkan pada cover albumnya sebagai daya tarik dan penjualan album ini sangat besar. Pada album kedua nama Iwan Fals tidak ditampilkan lagi hanya diisi lukisan dari Setiawan Djody pada covernya. 

Produser eksekutif 
S Djody 

PRODUKSI AIRO SWADAYA STUPA RECORDS 

SWAMI 

IWAN FALS 
Gitar akustik, harmonika, nyanyi, koor 
SAWUNG JABO 
Gitar akustik, nyanyi, koor 
NANIEL 
Flute, rekoder, nyanyi, koor 
NANOE 
Bas, koor 
INNISISRI 
Drum, perkusi, koor 

Bintang Tamu : 
Tatas : Keyboard, piano, koor 
Jerry : Gitar listrik, koor 
Susan, Yos & Nini : Koor pada lagu “Cinta” dan “Oh… Ya” 
Mixed : Rudra & SWAMI
Semua lagu oleh SWAMI, kecuali “Bunga Trotoar” 
ide lagu S. Djody 

UCAPAN TERIMA KASIH 
Para Isteri & Anak-anak di Rumah 
S. Djody 
WS. Rendra 
Rudra 
Bengkel Teater 
Gin Studio : Staff 
One Feel Studio 
Juned 

Separasi Warna & System : Reprindo Warna Indah 
Graphic Design : WAW Production 

Side A 
Bento (Live Version) 
Bongkar 
Badut 
Eseks … Eseks … Udug … Udug (Nyanyian Ujung Gang) 
Potret 

Side B 
Bunga 
Trotoar 
Oh… Ya! 
Condet 
Perjalanan Waktu 
Cinta 

1 komentar:

Bobie mengatakan...

Mantab. Sejak jaman sekolah ampe sekrang masih sy dengerin nih albun

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger | Printable Coupons